Kupas Tuntas Trojan Master Key di Android Hingga Mengatasinya

23:25 robiharlan 0 Comments

Kupas Tuntas Trojan Master Key di Android Hingga Mengatasinya




Android kembali hadir dengan kabar berita seputar keamanan. Perusahaan Bluebox melaporkan sebanyak 99% device android atau lebih dari 900 juta device bisa terjangkit trojan Master Key yang telah menginfeksi mulai dari era Android Donut.
Trojan Master Key ini mampu memodifikasi file APK tanpa harus melewati kriptografi dari signature file aplikasi tersebut. Alhasil, trojan ini akan cepat mewabah ke device android lainnya. Apalagi jika sudah ada yang terjangkit dan tanpa disadari menyebarkan file-file APK nya melalui situs di internet atau Google Play Store. Bagusnya, Google telah mengupdate keamanan di Google Play Store agar tidak ada aplikasi yang terjangkit mampu diinstall nelalui market.
Apa akibatnya jika terjangkit trojan ini? Sangat berbahaya, karena data-data sepeti kata sandi, membaca data aplikasi (email, SMS, chatting, dll) dapat diketahui karena trojan tersebut akan masuk dan diizinkan ke sistem android dan semua data aplikasi. Bahkan trojan ini mampu mengontrol penuh semua hadware. Mampu mengirim SMS, mengambil sebuah gambar dan merekam panggilan telepon.
Gooole telah memberikan patch untuk trojan ini. Dan cara mengatasinya dengan mengintall patch tersebut. Ini yang menjadi masalah juga, karena patch tersebut harus diberikan update melalui vendor-vendor. Jajaran smartphone high-end seperti Samsung Galaxy S4. Motorola Droid Razr HD dan lainnya telah mendapat software update termasuk untuk celah keamanan ini.
Oprekers tidak perlu khawatir, jika oprekers pengguna custom ROM, CyanogenMod versi 10.1.2 juga telah menambahkan patch ini. Menariknya, karena custom ROM ini open source akan banyak turunan custom ROM yang menggunakan dengan perbaikan seputar trojan Master Key. Dan menggunakan custom ROM merupakan langkah terbaik untuk memberikan patch security dari Google bagi devices yang tidak mendapatkannya dari vendor.
Ditambah sekarang Bluebox merilis sebuah aplikasi untuk mengetahui trojan Master Key di devices oprekers. Patch stastus merupakan devices dengan software yang telah diupdate melalui vendor atau developers custom ROM. Dan yang paling terpenting, sangat dianjurkan untuk tidak menginstall aplikasi diluar Google Play Android.
Sumber : http://www.oprekandroid.com/kupas-tuntas-trojan-master-key-di-android-hingga-mengatasinya.html

You Might Also Like

0 comments: